Handphone Tercebur Ke Air? Lakukan Tips Berikut

Cara mengatasi hp Tercebur ke Air- Di jaman yang serba canggih ini, perangkat komunikasi seperti handphone sudah menjadi kebutuhan primer tiap orang, dan bukan lagi masuk golongan barang mewah. Apalagi setelah menjamurnya pasaran smartphone seperti iPhone, Android, dan BlackBerry yang sangat laku dan mudah dipasarkan seperti kacang goreng. Dulu, punya handphone satu saja sudah sangat "wah" karena dianggap barang mewah, bandingkan dengan sekarang, punya tiga handphone, satu smartphone, satu PC tablet sudah dianggap biasa saja. Dan banyak orang yang seakan tak bisa lepas dari gadget - gadget tersebut termasuk saat ke kamar mandi. Hayo pemirsa ada yang gitu juga gak? Ayo ngaku :D.

Karena selalu dibawa - bawa, tak jarang perangkat smartphone atau handphone tersebut terjatuh karena keteledoran pengguna. Saya sendiri pernah menjatuhkan handphone saya ke dalam selokan yang berisi air (secara tidak sengaja tentunya). Tapi untungnya perangkat jadul saya tersebut masih bisa diselamatkan dan berfungsi baik hingga sekarang. Nah karena kebetulan kemarin ada kawan pengunjung yang bertanya apa yang harus dilakukan jika handphone, smartphone atau gadget lain terkena air, maka pada posting ini saya akan memberikan tips dan trik tentang hal tersebut. Karena memang tidak jarang perangkat komunikasi andalan kita itu terpaksa harus berurusan dengan air yang menjadi "musuh" besarnya, misalnya saat terjebak hujan, banjir, atau yang lainnya. Yuk kita simak tips nya di TKP :D

Pertolongan pertama jika handphone masuk ke air

Langkah pertama jika handphone anda terkena air adalah angkat benda tersebut jauh dari air (jika tercebur) dan matikan perangkat tersebut dengan segera! Hal ini harus dilakukan karena air dapat merusak komponen yang dialiri listrik. Air adalah penghantar listrik yang baik, sehingga jika komponen yang dialiri listrik terkena air, akan menimbulkan hubungan arus pendek atau biasa kita sebut dengan korsleting yang dapat merusak komponen yang bersangkutan. Dan jika komponen yang rusak itu adalah komponen vital dari gadget yang bersangkutan, bukan tidak mungkin gadget akan mati total (brick). Jadi langkah pertama ini sangatlah penting.
Langkah selanjutnya adalah cabut baterai perangkat anda dan bongkar semua casing atau apa saja yang bisa di lepas dari perangkat tersebut termasuk sim card dan eksternal memory (SD Card). Jika baterai tidak bisa dilepas, cukup bongkar casing nya saja. Ini bertujuan agar tidak terjadi korsleting pada baterai, dan juga untuk mencegah agar air tidak mengendap di dalam perangkat atau gadget anda.
Setelah membongkarnya, kibaskan komponen - komponen perangkat yang di bongkar tersebut secara perlahan agar tidak lepas dari cengkraman atau genggaman anda. Ini bertujuan agar air yang sudah terlanjur masuk ke bagian yang sulit dijangkau bisa keluar. Kibaskan ke arah yang berbeda - beda untuk mengeluarkan air di tiap sudut nya.
Langkah terakhir adalah keringkan. Gunakan tissue atau kain yang menyerap air untuk mengusap dan membersihkan sisa air pada perangkat tersebut. Lalu balut setiap komponen dari perangkat yang dibongkar tadi dengan tissue atau kain untuk menyerap sisa air yang masih tertinggal. Ada juga yang menyarankan untuk menyimpan semua komponen tersebut ke dalam tumpukan beras, namun saya tidak terlalu menyukai cara itu karena nantinya perangkat tersebut akan kotor. Setelah dibalut, jemur semua komponen itu. Ya jemur! Namun jangan terkena sinar matahari langsung. Jemur selama setengah hari (hingga siang hari) lalu buka balutan tissue atau kain pada semua komponen dan tetaplah menjemurnya (di angin-anginkan) hingga sore. Jangan lupa untuk membolak balik nya agar kering secara keseluruhan dengan kain atau tissue sebagai alasnya.
Nah itulah yang saya lakukan pada semua perangkat saya yang terkena atau tercebur ke air. Jika beruntung, perangkat anda akan bisa dinyakalan kembali karena kemungkinan gagal nya juga ada, tergantung pada FF dan FA dan saya tidak menjamin bahwa cara ini PASTI BERHASIL menyelamatkan perangkat anda yang terkena air.
copyright@duniagadget558


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:45 AM

Popular Posts